Program Hiswana Migas

Dept. Agen LPG

1.     Bidang LPG PSO (3 kg)

        a.   Percepatan rayonisasi Kota / Kabupaten bagi yang belum melaksanakan.

        b.   Penyederhanaan Persyaratan kontrak definitive.

        c.   Sering terjadi isi tabung kosong dan bocor setelah pengisian dari  SPPBE pada tabung yang masih lengkap segel dan plastic wrap. Sehingga diusulkan agar tabung tersebut diganti oleh SPPBE yang bersangkutan dengan tabung yang ada isinya.

        d.   Return tabung sebisa mungkin setiap SPPBE bisa melayani pertukaran, bila tabungnya asli standard PT Pertamina (Persero).

        e.   Karena adanya tabung perdana non standard PT Pertamina (Persero) yang beredar di masyarakat dimohon PT. Pertamina (Persero) mengantisipasi karena merugikan Agen LPG 3 kg.

        f.   Pemberlakuan plastic wrap mohon ditinjau ulang karena pemesanannya kurang efektif, bisa digantikan capseal di masing-masing daerah, sehingga pemasangannya berbeda warna. Perlu kerjasama dengan pihak SPPBE cup seal yang ada identitas SPPBE, apabila dimungkinkan ditambah dengan identitas Agen LPG 3 kg (posisi bisa di atas atau di samping).

        g.   Pelayanan kerja SPPBE mohon dibuka sampai dengan minimal jam 16.00 dan diharapkan sampai dengan LO agen selesai.

        h.   Mengusahakan kecukupan kebutuhan LPG 3 Kg, guna mencapai keseimbangan antara supply dan demand sehingga kepentingan semua pihak (masyarakat, Agen, PT Pertamina (Persero) dan Pemerintah) dapat diakomodir dengan baik.

        i.   Meminta kepada PT Pertamina (Persero) agar para Agen LPG 3 Kg untuk secara berkala mengecek pangkalan dan kelengkapan administrasi lainnya ( Papan Pangkalan, Kartu Pangkalan, Perjanjian dengan Pangkalan ) selalu tersedia dan terpasang sesuai ketentuan yang berlaku.

        j.   Agar PT Pertamina (Persero) secepatnya merealisasikan perbaikan tabung LPG 3 Kg khususnya adanya tabung LPG 3 kg yang Handguard dan Foot ring lepas, mengingat saat ini yang diperbaiki hanya pada pengecatan.

        k.   Perbaikan tabung LPG 3 Kg dari retester khususnya yang di sandblast, menyebabkan berat tabung berkurang dimana hal ini menyebabkan permasalahan dimasyarakat, usulan kami agar tabung setelah perbaikan distamping sesuai dengan berat tabung kosongnya.

        l.   DPP  Hiswana  Migas  agar  memberikan  masukan  kepada  PT Pertamina (Persero)  untuk  menutup atau tidak  menyetujui pengangkatan Agen LPG 3 Kg yang baru.

        m.   Apabila PT Pertamina (Persero) menyetujui pengangkatan agen LPG 3 kg yang baru maupun penambahan alokasi agen, agar juga melibatkan Hiswana Migas.

        n.   Mutasi agen masuk atau keluar daerah harus mendapat rekomendasi Hiswana Migas.

        o.   Pelatihan standard prosedur operasional dari PT Pertamina (Persero) untuk bidang LPG mohon diberikan kepada Agen, sehingga para karyawan Agen dapat meningkatkan keamanan pengangkutan dan penyimpanan untuk menghindari kebakaran, sekaligus menekan biaya pelatihan.

 

2.     Bidang LPG Non PSO (12 kg, 50 kg)

        a.   Perpanjangan usia kendaraan angkut dari 10 tahun menjadi 12 tahun sesuai hasil workshop PT Pertamina (Persero) dengan Hiswana Migas dengan pertimbangan : technologi, jarak tempuh relatif dekat, tonase, pemerliharaan.

        b.   Mengajukan  perpanjangan  masa Kontrak agen LPG 12 dan 50 kg dari 3 tahun menjadi 10 tahun.

        c.   Perlu ditetapkannya alokasi/qouta untuk Agen LPG 12 kg yang diambil dari rata-rata pengambilan 3 (tiga) bulan terakhir dan tidak mempersulit tambahan alokasi sesuai dengan permintaan pasar.

        d.   DPP Hiswana Migas, mengusulkan kepada pemerintah agar memperkecil disparitas  harga  antara  LPG 12 Kg dan 50 Kg.

        e.   Setiap ada kenaikan harga LPG Non PSO, mohon margin ikut disesuaikan presentasenya, karena Agen harus menambah modal, dan menyesuaikan cost operasional.

        f.   Pelatihan standard prosedur operasional dari PT Pertamina (Persero) untuk bidang LPG mohon diberikan kepada Agen, sehingga para karyawan Agen dapat meningkatkan keamanan pengangkutan dan penyimpanan untuk menghindari kebakaran, sekaligus menekan biaya pelatihan.